One's Blog

just love your hobby

Sunday, January 04, 2009

Secercah Harapan di Pulau Derawan

Mari mengintip kehidupan di Pulau Derawan, tempat ratusan penyu dan biota laut memilih sebagai tempat hidup!

Riak-riak air laut memainkan bibir pantai Derawan yang berpasir putih dan desiran angin memecah keheningan. Di pulau ini, WWF menjadikannya sebagai tempat konservasi alam khusus untuk penyu karena keasrian Pulau Derawan menjadi tempat favorit sekumpulan penyu.

Tentang Derawan
Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini menjadi begitu penting bagi ekosistem laut karena wilayah ini termasuk kedalam jalur feeding ground terpenting di dunia.
Jika kamu masih ingat dengan tokoh penyu bernama Squirlt di film Finding Nemo yang berpindah lokasi bersama kelompoknya, maka begitu pula kehidupan nyata penyu. Mereka termasuk hewan yang senang berpindah tempat mengikuti arus laut. Dan kawasan Derawan menjadi salah satu jalur yang dilewati dalam perpindahan itu. Bahkan berdasarkan penelitian yang dikembangkan, Pulau Derawan merupakan salah satu multi countries feeding ground terpenting di dunia.

Menuju Derawan
Untuk sampai ke pulau Derawan, kota terdekat yang bisa ditempuh dengan penerbangan adalah kota Balikpapan dan Tarakan. Dari Balikpapan dan Tarakan, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan penerbangan menuju Tanjung Redep dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam. Sebagai transportasi dari Tanjung Redep menuju kepulauan Derawan, pengunjung dapat menyewa kapal kayu berkapasitas 20 orang atau menggunakan speedboat milik WWF berkapasitas 12 orang. Jarak tempuhnya sekitar 4 - 5 jam. Karena lokasi kepulauan Derawan memiliki banyak pulau yang indah, disarankan untuk menyewa kapal saja selama beberapa hari agar mudah berwisata dari satu pulau ke pulau lainnya.

Aktivitas di Derawan
Selain dapat berinteraksi langsung dengan ratusan penyu dan Manta (ikan pari), jangan lewatkan kesempatan diving atau snorkeling. Soal fasilitas penginapan, jangan khawatir! Ada banyak fasilitas homestay di rumah penduduk dan stasion WWF yang juga menyediakan cukup banyak kamar.
Menyebranglah ke Pulau Maratua untuk menyaksikan kegiatan membuat kapal. Pulau Maratua memang terkenal dengan keterampilan penduduknya membuat kapal kayu. Lanjutkan perjalanan ke Pulau Kekeban, setelah trekking, hilangkan lelah sambil berenang di Danau Kekeban yang berair asin.
Berwisata di kepulauan Derawan jangan lupa untuk menjaga kehidupan penyu serta biota laut lainnya. Di pulau Derawan ada segenggam harapan bagi sekelompok penyu untuk hidup seribu tahun lagi!

posted by akangone

1 comments:

mas prabu said...

wah, makin penasaran dengan pulau derawan nih. mdh2an tahun ini bsa ksana. minta info lbh lengkap kalo brgkt dr jkt dong